Sabtu, 09 April 2011

MEMBANGUN KARAKTER “DISIPLIN” PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KKPI


MEMBANGUN KARAKTER “DISIPLIN” PADA PESERTA DIDIK
MELALUI PEMBELAJARAN KKPI


PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.
          Kegelisahan terhadap kondisi dimana tingkat kedisiplinan dalam masyarakat cukup rendah. Demikian juga yang terjadi kepada siswa. Seorang siswa cenderung kurang disiplin pada saat kegiatan belajar mengajar.
          Siswa juga sering kali tidak disiplin terhadap peraturan yang  telah ditetapkan oleh sekolah. Seperti misalnya siswa datang terlambat ke Lab. Komputer pada saat kegiatan belajar mengajar  mata pelajaran KKPI. Dalam pelaksanaan praktikum siswa juga sering kali tidak memperhatikan standar operasional prosedur (SOP) yang harus digunakan.
B. Rumusan Masalah
1. Apakah yang dimaksud dengan karakter “Disiplin” ?
2. Bagaimana membiasakan siswa untuk berdisiplin ?
C. Pembahasan
1.  Disiplin waktu adalah perilaku yang menghargai waktu. Diwujudkan dengan datang tepat waktu pada saat kegiatan belajar mengajar, menyelesaikan tugas praktikum sesuai dengan alokasi waktu yang sudah ditentukan. Dalam pelaksanaannya guru bisa memberikan penghargaan kepada siswa yang datang tepat waktu berupa pujian ataupu tambahan nilai bagi siswa yang bisa menyelesaikan tugasnya dengan cepat. Sedangkan untuk siswa yang melanggar disiplin waktu bisa dibuat jera dengan  cara diberi sangsi, misalnya sangsi untuk bernyanyi di depan kelas.
2. Implementasi membangun karakter “disiplin” dalam mata pelajaran KKPI.
a. Silabus
Implementasi dalam silabus dengan menambahkan kolom karakter dalam silabus yang disusun oleh guru. Karakter yang ingin dibangun disesuaikan dengan kompetensi yang paling dekat dengan karakter itu. Bentuk dari karakter disiplin ini dapat diimplementasikan dalam kompetensi 1 mata diklat KKPI Kelas X semester 1 sebagai berikut :

SK     : Siswa dapat mengoperasikan PC Stand Alone
KD    : Siswa dapat mengoperasikan Operasi Berbasis Text
Karakter     : Siswa dapat membangun karakter kedisiplinan dalam dirinya
Indikator Belajar :
-          Mampu menjelaskan sistem komputer dengan rinci
-          Mampu menyalakan sistem sesuai dengan prosedur yang benar
Indikator Karakter :
-          Terbiasa datang tepat waktu pada saat kegiatan belajar mengajar
-          Menjalankan SOP pada saat praktikum
b. Skenario pembelajaran


 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran     :  Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
Kelas / Semester      :  X / 1
Pertemuan ke          :  1 - 2
Alokasi Waktu          :  4 x 40 menit (6 pertemuan)
Standart Kompetensi  :    Mengoperasikan PC Stand Alone
Kompetensi Dasar   :  1.1  Mengoperasikan Operasi Berbasis Teks
Indikator                   :    
1.    Menjelaskan sistem komputer  dengan rinci
2.    Menyalakan sistem sesuai dengan prosedur yang benar.

Indikator Karakter    : Terbiasa datang tepat waktu, berseragam rapi dan senantiasa
                                   mengoperasikan komputer sesuai prosedur (SOP) yang benar
                                  
I.   Tujuan Pembelajaran
1.    Menyiapkan penyalaan komputer ;
2.    Mengoperasikan penyalaan komputer sampai dapat digunakan;
3.    Agar terbangun karakter disiplin pada siswa

II.  Materi Ajar
     Sistem operasi berbasis teks :
§  Sistem Komputer
§  Prosedur penyalaan komputer

III.        Metode Pembelajaran
             Ceramah, praktek


IV.      Langkah – langkah pembelajaran
Pertemuan ke – 1
a      Kegiatan awal
1)    Guru membuka kelas dengan senyum, salam dan sapa, serta mengingatkan siswa agar memakai seragam dengan rapi
2)    Menjelaskan tentang pengertian sistem operasi, input, output, proses, storage, hardware, software secara jelas
3)    Menjelaskan  tentang jenis-jenis sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna komputer.
b       Kegiatan inti
1)    Siswa mencatat tentang pengertian dari sistem operasi dan fungsi dari input, output, proses, storage, hardware, software
2)    Siswa ditunjukkan apa yang termasuk dalam input, output, proses, storage, hardware, software
c       Kegiatan Akhir
1)   Memberikan tugas
2)   Menilai hasil pengamatan siswa secara tertulis

V.     Sumber belajar
1.    Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
2.    Komputer
3.    UPS
4.    Internet
5.    Buku DOS
6.    System Operasi DOS

VI.       Penilaian
     a. Evaluasi belajar di kelas dengan menyiapkan kolom check list
          Pos test
     b. Evaluasi Karakter
         Observasi kelas dengan menyiapkan kolom chenk list
No
Nama

Disiplin
datang tepat waktu
berseragam rapi
menyalakan komputer dgn benar
1
Santi

2
Dwi

3
Supri


D. PENUTUP
a. Kesimpulan
1.       Disiplin adalah perwujutan dari sikap menghargai waktu. Adapun yang dimaksudkan disiplin disini adalah datang tepat waktu, mengenakan seragam dengan rapi dan sesuai peraturan, serta mampu mengoperasikan komputer sesuai SOP.
2.       Pengembangan karakter disiplin dapat dikembangkan dengan cara mengimplementasikannya dalam silabus. Ini dapat dilakukan denan menambahkan kolom karakter dalam silabus yang disusun oleh guru. Karakter yang ingin dibangun disesuakan dengan kompetensi yag paling dekat dengan karakter itu.
b. Saran
Hendaknya pendidikan karakter diimplementasikan secara kontinyu dan dilakukan dengan penuh tanggung jawab oleh seluruh komponen yang ada di sekolah.
         

1 komentar: